Langsung ke konten utama

Smash: Album Pendobrak The Offspring, Kini Menginjak 28 Tahun

Saat video klip "Come Out and Play" dan "Self Esteem" muncul di televisi lokal, kebanyakan  orang mengira kalau The Offspring adalah band rock alternatif. Selain karena mereka muncul saat rock alternatif tengah menjulang, di mata komunitas penampilan mereka juga tidak merepresentasikan band punk.

Hal tersebut cukup dipahami, sebab komunitas dulu menilai band punk itu pakemnya seperti Rancid atau The Exploited. Berambut mohawk atau spikes, jaket kulit, Dr. Martens, peniti, dan berbagai atribut lainnya.

Padahal di negara asalnya The Offspring sudah cukup lama malang melintang di komunitas punk California.

Lagu "Come Out and Play" dan "Self Esteem" merupakan dua single utama dalam album Smash. Smash adalah album penuh ketiga mereka dan tepat pada hari ini menginjak 28 tahun.

Album tersebut dirilis oleh Epitaph Records. Sebuah label independen yang dijalankan oleh Brett Gurewitz, gitaris Bad Religion. Di Indonesia album ini didistribusikan oleh PT Indo Semar Sakti.

Bagi Greg K. (bas), Dexter Holland (vokal & gitar), Noodles (gitar), dan Ron Welty (drum), Smash adalah pintu gerbang kesuksesan mereka. Sementara bagi Brett Gurewitz, Smash adalah album dengan penjualan tertinggi di Epitaph hingga saat ini.

Betapa tidak Smash terjual dengan angka fantastis, hingga diganjar predikat multi platinum oleh RIAA (Recording Industry Association of America). Lagu-lagunya pun berhasil memuncaki tangga lagu rock di berbagai radio.

Smash merangkum 14 lagu, salah satunya lagu daur ulang berjudul "Killboy Powerhead", milik band punk rock asal Illinois, The Didjits. Proses rekamannya berlangsung di Track studio, Hollywood, pada Januari – Februari 1994.

Album ini diproduseri oleh mendiang Thom Wilson, sosok yang memang tak asing lagi dalam skena punk rock di Amerika. Untuk sampul digarap oleh Fred Hidalgo, yang juga mendesain sampul album Recipe for Hate (Bad Religion).

Smash diproduksi dengan anggaran terbatas. “Kami menghabiskan $20.000 untuk merekamnya. Itu anggaran yang cukup ketat waktu itu” ucap Holland dalam sebuah sesi wawancara dengan Rolling Stone pada 2014.

Anggaran yang ketat tersebut, membuat mereka tidak memiliki banyak waktu. Sehingga beberapa lagu baru tercipta saat proses rekaman tersisa dua hari lagi. Seperti "It'll Be a Long Time" dan “Smash”.

Tidak seperti dua album mereka sebelumnya, komposisi lagu dalam Smash sedikit berbeda. Kalau biasanya mereka bermain dengan tempo cepat, maka dalam Smash kita bisa mendengar lagu dengan tempo sedikit lambat. Bahkan mereka menciptakan satu lagu bernuansa ska berjudul  "What Happened To You".

Smash merupakan album terakhir The Offspring bernaung di Epitaph. Setelahnya mereka bergabung di Columbia Records. Keputusan mereka tersebut sempat menimbulkan friksi antar dua belah pihak, namun hubungan tersebut kembali membaik seiring waktu.

Tak dimungkiri Smash merupakan salah satu album penting pada dekade 1990. Sama halnya seperti Dookie (1994) milik Green Day, kehadirannya dianggap sebagai pemicu punk rock revival.

Lebih jauh, Smash didapuk sebagai album independen terlaris sepanjang masa. Sejajar dengan album 40oz. to Freedom (1992) milik Sublime.***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Team Records dan Punk Rock di Tanah Air Era 80-an Dayan dan teman wanitanya, di Casa Pub, circa 1988 Sedikit flashback sekitar tahun 2020 saat pandemi melanda, saya pernah mewawancarai Dayan vokalis band The Supid Prisoner (kadang hanya disebut; The Stupid), untuk mengetahui punk movement di Ibu Kota, Jakarta, pada akhir dekade 1980. Kala itu lewat WhatsApp Call , saya mengajukan beberapa pertanyaan, salah satunya apa sih yang dibawain The Supid Prisoner waktu manggung dulu. Namun jawaban pria kelahiran 1968 itu, agak mengejutkan. Dia mengaku pada tahun segitu sudah bawain U.K. Subs, The Exploited, G.B.H., di samping Sex Pistols. Bahkan dia juga telah mendengarkan Misfits dan Dead Kennedys. Sebagai bukti, Dayan lalu mengirimkan beberapa foto lawas. Nampak di foto itu, dia mengenakan kaus Dead Kennedys bergambar patung Liberty, yang ditodong pistol. Sedangkan Kiki gitarisnya memakai kaus Misfits, saya lihat numeric date di foto tertera tahun 1989. Di foto lain, terlihat Dayan jug
  Punk Gay: Garang Tapi Melambai Berbekal alamat korespondensi yang tertera di sampul album Operation Ivy, pada tahun 1999 akhir saya beranikan diri berkirim surat ke Lookout Records. Setelah menunggu dua bulan, surat saya dibalas plus katalog, poster promo, dan sticker. Rasanya senang bukan kepalang, karena saya jadi tahu semua band yang dinaungi oleh label besutan Larry Livermore tersebut. Diantara band-band itu, ada satu yang menyita perhatian saya yaitu Pansy Division. Jujur saja sebagai straight guy , saya geli melihat sampul album-album mereka. Terserah bila kalian cap saya homophobia. Karena alasan itulah saya enggan tahu lebih jauh tentang mereka. Sebetulnya saya sudah notice band ini dari soundtrack film Angus. Bahkan sewaktu Green Day berada di Jakarta ─ dalam sesi interview dengan majalah Hai ─ Mike Dirnt mengenakan kaus putih bertuliskan Pansy Division.   Setelah era internet merebak, saya baru tahu kalau ada skena queercore dalam kultur punk, dan Pansy Divison sal
Dave Parsons, Dari The Partisans ke Bush Jalan hidup orang memang tidak ada yang tahu. Tapi saya percaya kunci sukses (di luar privilege ), adalah fokus dan konsisten, terhadap apa yang dilakukan saat ini, hingga waktu yang akan mengangkat derajat kita dengan sendirinya. Hal itu pula yang dilakukan oleh David Guy Parsons atau Dave Parsons, pemain bass band alternatif rock era 90-an Bush. Jauh sebelum namanya dikenal, Dave Parsons adalah bassist band street punk asal Bridgend, Wales, Inggris, The Partisans. Mengutip dari Wikipedia, The Partisans terbentuk pada awal tahun 1978. Dengan formasi awal: Phil Stanton (vokal), Rob "Spike" Harrington (gitar dan vokal), Andy Lealand (gitar), Mark "Shark" Harris (drum), dan Mark "Savage" Parsons (bass). Saat itu semua personelnya masih berusia belasan, mungkin setara SMP. Pada 1979, Mark Parsons dan Phil Stanton cabut. Lalu, Spike Harrington pindah ke vokal utama, dan Louise Wright (pacar Andy Lealand) direkrut seba